2013-03-06 10.52.58Dalam rangka mensosialisasikan kurikulum 2013, LPMP bekerjasama dengan forum MKPS, MKKS, KKKS se Provinsi Lampung melaksanakan seminar nasional revitalisasi peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 yang dilaksanakan di LPMP provinsi Lampung pada Rabu 6 Maret 2013. Acara dilaksanakan dengan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan Edi Sutrisno ketua MKKS provinsilampung. Dalam sambutannya dilaporkan kepada PROF. Dr. SYAWAL GULTOM SEBAGAI Keynote Speaker bahwa pelaksanaan ini Latar belakang dilaksanakan seminar antara lain kekurngpahaman kurikulum 2013. selain itu ditanyakan bagaimana nasib guru TIK yang tidak ada dalam kurikulum 2013 padahal guru yang bersangkutan sudah sertifikasi. Laporan lain yang disampaikan adalah peserta seminar terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas yang ada di Provinsi Lampung.Lanjutan acara adalah sambutan kepala LPMP sebagi pejabat yang ditugaskan panitia untuk membuka acara seminar ini.

selanjutnya seminar diawali dengan menyanyikan lagu Hymne Guru yang liriknya ada perubahan sedikit.
Sebagai moderator dalam seminar pertama Dr. Ernawati, M.Pd yang dipercaya untuk mendampingi Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Isi pokok seminar ada tiga yakni:
1. Kurikulum 2013
2. Kondisi Guru
3. Peran Guru pada implementasi kurikulum
Pertama Prof. Gultom menyajikan hal2 yang seharusnya disampaikan kepesrta didik tapi selama ini belum ada dalam kurikulum. Selanjutnya menyampaikan kompetensi yang seharusnya belum diajarkan namun sudah ada dikurikulum. Lebih detail beliau menjelaskan Dimensi pengembangan kurikulum 2013 yang filosofinya: UU Sisdiknas Pasal 1 Butir 1 dan 2 yakni Hakikat Pendidikan utamanya adalah peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

12 Comments

  1. majukan pendidikan indonesia pak, bila ada yang perlu disharing demi peningkatan mutu pendidikan, silahkan sent ke http://harianbengkulu.com/

  2. Kurikulum 2013 secara konseptual bagus. Yaah, lebih bagus sedikit dari KTSP. Namun perlu diingat bahwa setiap perubahan Kurikulum sebagus apapun, hasilnya sangat tergantung bagaimana guru dalam mengimplementasikannya di kelas secara bermakna. Guru zaman dulu telah teruji menghasilkan para ekspert yang bergelar Prof. Doktor dan lain-lain termasuk yang terhormat Dr.Syawal Gultom. Bahkan di UK Great Britain orang mengatakan kalau mau melihat kurikulum lihatlah bagaimana guru mengajar di kelas. Saran saya tingkatkan kualitas kompetensi para guru (pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial) saya yakin dengan kompetensi tersebut guru dapat mendesain kurikulum yang tepat dan relevan dengan kebutuhan anak didiknya. Bravo Pendidikan Nasional.

    • edukasikarjono

      Setuju banget, hebatnya kurikulum tidak akan berarti kalau dalam implementasinya guru tetep biasa aja

  3. mudah2an ga kale ya….

  4. Salam kenal dari guru honor kec. Punduh Pedada pak?

  5. Instrumen PKG guru kelas/mapel dan BK serta tugas tambahan dah bisa di download. Semoga Allah paring kelancaran dan kebarokahan…!

  6. mohon doanya.. Khairur Razi, Mas Wondo, Sanserlis F. Toweula, Ima Sudirman Zuhdi, MKKS SMP Pesawaran,

  7. Smpndua Gedongtataan, Smpn Dua Negerikaton, Smpn Tiga Gedong Tataan, Smpn Dua Punduh Pedada, Smpn Dua Tegineneng, Smpnenam PC,

  8. mohon doanya bu Kunlistiani Listiani

  9. Ernie Herlambang, Ruslina Akmal, Uniroh Utami, Budi Susana

  10. sangat setuju sekali dengan adanya implementasi kurikulum 2013 inilah yang di butuhkan di zaman sekarang ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>