PERMEN 81APermendikbud NOMOR 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Dalam rangka pelaksanaan kurikulum pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah, sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah, sekolah menengah atas/madrasah aliyah, dan sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum.

Implementasi kurikulum pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI), sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs), sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA), dan sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK) dilakukan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014. Salinan Permendikbud NOMOR 81A Tahun 2013 dapat di download di bawah ini:
PERMENDIKBUD NOMOR 81A TAHUN 2013

Permendikbud NOMOR 81A Tahun 2013 terdiri dari 5 lampiran; jika mau dowload silahkan klik di bawah ini.
Lampiran I : Pedoman Penyusunan Dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Lampiran 2 : Pedoman Pengembangan Muatan Lokal
Lampiran 3 : Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
Lampiran 4 : Pedoman Umum Pembelajaran
Lampiran 5 : Pedoman Evaluasi Kurikulum

RELATED POST:
Software yang sangat dibutuhkan guru saat ini:
Instrumen PKG versi 0,1, 2 lengkap dengan tugas tambahan
Instrumen PKG versi ya/tidak
Analisis Soal ilihan ganda dan uraian
Tersedia yang lain:
SOFTWARE PENGISIAN IJAZAH (SD,SMP,SMA)
SOFTWARE LAPORAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA
SOFTWARE MENYUSUN RAPORT SEMENTARA
Kalau dah download beri comen yang Ok.. ya bro…!!!

2013-03-04 07.49.25Setelah mencoba desain analisis soal menggunakan excel, akhirnya bertambah wawasan tentang excel. Jujur, awalnya saya tidak tau tentang excel. Ceritanya begini: Suatu ketika saya keliling kelas melihat aktivitas belajar siswa, karena saya sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Saat itu guru TIK tidak hadir dan tidak beri tau saya, ketika saya masuk ke ruang LAB komputer terdengar suara ribut2, ternyata siswa sedang maen Game. Tidak sadar saya marah2 ke anak2 “bukannya belajar komputer malah maen game !!!” itu ucappanku. Seketika sebagian siswa kabuurrrr…. Ujungnya saya mendapatkan kertas satu lembar yang tertinggal miliki anak2 itu. Saya baca ternyata materi excel 2007. Saya baca sekilas dan seolah tidak percaya rumus2 yang ada ternyata logika matematika. Karena saya guru matematika maka saya mudah memahami hal tersebut.

Teringat masa kuliah sebagai asisten dosen komputer yang saat itu “BASIC” saya sedikit2 mengerti programnya. Dari situlah saya mencoba mengembangkan program aplikasi berbasil excel ini. Wal hasil sudah banyak program aplikasi yang sudah saya buat antara lain:
1. Program Analisis Soal Pilihan Gandan dan Uraian (ANAJOHN)
2. Program Penyusunan jadwal pelajaran (Jadwal-JOHN)
3. Program Nilai Raport (Raport-JOHN)
4. Program Sistem penilaian (LHB-JOHN)
5. Program Penilaian Kinerja Guru (PKG-JOHN)
6. Program Penilaian Angka kredit guru (PAK_JOHN)
7. Program Administrasi Siswa (ADM-JOHN)
8. Program Bendahara Sekolah (Acounting-JOHN)
9. Program Instrumen 8 Standar (BNSP-JOHN)
10. Progran Penulisan Ijazah (Ijazah-JOHN)

Untuk download silahkan klik pada pilihan Categories sebelah kanan ini.

Semoga bermanfaat

LHB-JOHN
Semua guru mulai 1 Januari tahun 2013 dituntut meningkatkan kinerjanya untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Ada 14 kompetensi guru mata pelajaran yang akan dinilai oleh kepala sekolah dan guru senior yang telah memenuhi persyaratan. Salah satu kegiatan guru yang sering kurang pas adalah dalam membuat laporan hasil belajar siswa. Data nilai tugas, nilai ulangan harian, nilai mid semester dan nilai ulangan akhir semester masih berantakan. Nilai raport yang diberikan terkadang tidak proporsional dari masing-masing nilai tugas, nilai ulangan harian, nilai mid semester dan nilai ulangan akhir sekolah. Yang lebih memprihatinkan adalah guru yang memberikan nilai raport dengan cara menggunakan “senapan” yakni main tembak aja, he he he. Apa ada ya….

Setelah saya membuat program aplikasi ANAJOHN yakni program aplikasi analisis soal ilihan ganda dan unraian sekaligus, dan telah digunakan lebih dari 1000 guru di Indonesia. Pada umumnya temen2 guru mengusulkan sebuah aplikasi untuk menyusun nilai raport yakni kumpulan dari nilai tugas, nilai ulangan harian (uji blok), nilai mid semester, nilai langan akhir sekolah. Nah sekarang aplikasi itu sudah jadi yang saya beri nama LHB-JOHN tinggal download di bawah ini:
LHB-JOHN