2013-03-04 07.49.25Setelah mencoba desain analisis soal menggunakan excel, akhirnya bertambah wawasan tentang excel. Jujur, awalnya saya tidak tau tentang excel. Ceritanya begini: Suatu ketika saya keliling kelas melihat aktivitas belajar siswa, karena saya sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Saat itu guru TIK tidak hadir dan tidak beri tau saya, ketika saya masuk ke ruang LAB komputer terdengar suara ribut2, ternyata siswa sedang maen Game. Tidak sadar saya marah2 ke anak2 “bukannya belajar komputer malah maen game !!!” itu ucappanku. Seketika sebagian siswa kabuurrrr…. Ujungnya saya mendapatkan kertas satu lembar yang tertinggal miliki anak2 itu. Saya baca ternyata materi excel 2007. Saya baca sekilas dan seolah tidak percaya rumus2 yang ada ternyata logika matematika. Karena saya guru matematika maka saya mudah memahami hal tersebut.

Teringat masa kuliah sebagai asisten dosen komputer yang saat itu “BASIC” saya sedikit2 mengerti programnya. Dari situlah saya mencoba mengembangkan program aplikasi berbasil excel ini. Wal hasil sudah banyak program aplikasi yang sudah saya buat antara lain:
1. Program Analisis Soal Pilihan Gandan dan Uraian (ANAJOHN)
2. Program Penyusunan jadwal pelajaran (Jadwal-JOHN)
3. Program Nilai Raport (Raport-JOHN)
4. Program Sistem penilaian (LHB-JOHN)
5. Program Penilaian Kinerja Guru (PKG-JOHN)
6. Program Penilaian Angka kredit guru (PAK_JOHN)
7. Program Administrasi Siswa (ADM-JOHN)
8. Program Bendahara Sekolah (Acounting-JOHN)
9. Program Instrumen 8 Standar (BNSP-JOHN)
10. Progran Penulisan Ijazah (Ijazah-JOHN)

Untuk download silahkan klik pada pilihan Categories sebelah kanan ini.

Semoga bermanfaat

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru, Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran mengadakan kegiatan diklat dengan tema “MARI KITA WUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKARAKTER BANGSA MELALUI KEGIATAN PELATIHAN PENGEMBANGAN METODE BELAJAR MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN TIK”.
Materi pelatihan antara lain:
Materi pertama adalah Kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran. Beliau mengharapkan semua guru menjadi professional meskipun wilayah kita berada di wilayah pedesaan. Materi lain adalah membuat bahan presentasi powerpoint dengan memanfaatkan design grafis yakni memanfaatkan program paint yang disampaikan oleh Kusnadi, ST. Peserta sangat antosias mengikuti pelatihan ini karena merasa pelatihan ini sangat bermanfaat karena selama ini powerpoint yang digunakan tidak sama dengan yang disampaikan pak Kusnadi. Materi terakhir hari pertama adalah pengembangan silabus ber karakter bangsa yang disampaikan oleh Juari, S.Pd., MM.
Hari kedua diawali dengan materi Internet untuk pembelajaran yang disampaikan oleh Drs. Wajiran, MT alumni ITB tahun 2003. Masalah yang muncul adalah banyak modem guru yang tidak connect. Namun yang luarbiasa adalah kesemangat guru untuk belajar internet. Materi selanjutnya adalah desain pembelajaran yang disampaikan oleh Asep Sobandi, S.Pd dan diakhiri dengan materi Menyusun RPP berkarakter dan system penilaian.
Bagi yang berminat master powerpoint silahkan coment dan tuliskan e-mail anda.